Tuesday, July 5, 2011

Balada Ujian Utama ke Tiga


Gw pernah baca di salah 1 artikel, 'Kalo kita lagi deg-deg-an emang bisa bikin sakit perut'.
Menurut gw, hal ini benar , karna gw SERING mengalaminya !




Tapi emang beginilah adanya. kalo tiap mau ujian, perut gw slalu sakit. kalo ngerasa deg-deg an juga mules.
bukan perkara 'Udah boker belum?' , tapi yak..emang begini.. muless aja.. sakit perut gitu.. 

Bukan mules karna pengen boker, atau sakit perut karna mag.. JELAS TIDAK..
mungkin smacam, "Ketakutan yang Berlebihan dikarenakan tidak dapat menutupi atau melampiaskan perasaan panik sehingga hanya bisa ditahan a.k.a nothing to do.. "
 
Sampaaaah........banget kalimat gue.... =))


 

Senin, 4 Juli 2011

Masih ada Ujian Utama. Ujian yang menghororkan, buat gw.
Secara, di dalem ruangan 120 menit a.k.a 2 jam. Mengerjakan soal lebih dari  60 soal. Sekalipun lo udah slesai, lo ga boleh keluar duluan. Harus nunggu sampe bunyi bel tanda 2 jam telah berakhir. 

Mamam tuh dua jam ! 
Ga jarang, kita-kita yg udah yakin banget dgn jawaban alias udah selesai, sedangkan waktu masih berjalan 1jam 20menit... 1jam 30 menit... masih banyak waktu yg tersisa.. and what you gonna do ?? 
Tidur ? 
Gigitin kuku ? 
Garuk-garuk pala ? 
Menyulam ? Berkebun ? Melamun ? 
Nah kalo gw sih yg terakhir !
Iyes. Kalo gw udah slesai, tapi masih banyak waktu,  mulai dah tuh..gw BERIMAJINASI...  bengong...


Ruangannya pun ber-AC (anak cemas) *say whaat ??? no.
Beruntung kursi ujian gw jauh dari AC. Buat orang normal sih, ga dingin2 banget. Tapi gw kan rada beda.
Kalo panas dikit, gw pasti kepanasan banget.
Kalo dingin dikit, gw pasti kedinginan banget.


Di ujian utama terakhir ini yang bermata kuliah JarKom a.k.a Jaringan Kompor... maaf  *Jaringan Komputer ,,
adalah cukup sulit buat gw. Soal sebanyak 80 nomer pilihan ganda.
dan..
Gw punya temen deket, sebut saja Icha (bukan nama samaran).
Bangku ujian dia adalah 0015 dan gw 0004. Cukup jauh emang.
Tapi karna 1 baris = 5 kursi,,  jadi gw bisa liat dia dari sudut pandang menyerong.

Icha anaknya cukup cerdas. Gw sering belajar dari dia.
Saat ujian, sesekali gw melirik ke arah Icha. BUKANN,, gw bukan mo nyontek ! 
Gw cuma mau memastikan, kalo icha merasa kesulitan juga... Haha,, maksudnya,  
'Apa icha kesulitan juga yaa, kaya gw ?'
 
Karena saat itu gw merasa, ni soal lumayan nyolotin banget. Susah. 
Kira-kira si Icha bingung juga gak ya ?

 

Dengan berbekal hati nurani yg bersih, gw berdoa,,  agar...
semakin gw membalik soal, semakin mudah pertanyaannya. 

Oh tidak. Faktanya pedih. Soal-soalnya semakin suramm.
Tulisannya semakin rapat. Tiap pilihan ganda memakan 2 baris kalimat.
 

Dengan berbekal pelajaran JarKom yg telah gw dapat di kelas, gw mencoba berpikir kerass. Dan..semakin keraass..
Oh tidak. Otak gw masih Zonk

 
Gw tambah dengan berdoa, biar gw inget.
Gw coba untuk terus berpikir lebih keras. Lebih kerass... Dan...gw malah migrain.
 

Semakin gw balik kertas, gw semakin ngerasa gak da lagi harapan hidup.
Semakin banyak soal yang asing. Semakin banyak istilah yg jarang gw denger. 

Sekalinya pernah denger, gak taau artinya !

 
Amsyong banget ujian utama ke3 gw kali ini. Padahal ujian utama ke 1 dan 2 gw lancar banget.

 
mungkin ada yg salah sama diri gw ? atau otak gw ? atau matakuliahnya ? atau mungkin dosennya ?? :p


 
Baaalik lagi gw ngelirik Icha. Nih anak anteng2 aja, ga ada gelagat kebingungan. Geleng2 kepala gitu kek.
Okelah. Dengan membaca doa, gw memohon Tuhan agar jawaban gw benar. 
Dan disaat perhatian gw 100% terfokus sama lembar jawaban yg lagi gw bulet-buletin,  
tiba tiba........
 
JegGEEEERRRR.............................................................. perut gue muless.

 
Kampret...ini masih 30 nomer lagi yg harus dibulet-buletin !
Gw jadi ga bisa ngapa-ngapain. 

Cuma bisa duduk diem, muka datar, atau muka nahan kentut, tambah lagi AC yg udah bikin tangan gw dingin - kaku - pucet.
Akhirnya gw mencoba menghela napas panjang sambil bersandar di kursi. Perlahan rasa mules sialan itu menghilang.



Pengawas gw kali ini juga, menurut gw sangat teliti.
Gile aje, tiap lembar jawaban peserta dia teliti satu satu (ada yg ngaco gak, lingkaran nama / nomer pesertanya ). Ya bagus itu sih.
Tapiiiiii.........

Di menit-menit terakhir ujian, tuh Bapak muter-muter, ngambil kertas peserta yg udah selesai.
 

Mungkin dia ngeliat kertas gw udah penuh kali ya ? So, doi mondar mandir di barisan gue.
Mungkin dia ngeliat gw lagi ngeCek buletan jawaban/identitas gw kali ya? 

So, doi 'ngejogrok' berdiri didepan gue.
 

*Daamn! Peserta nomer 0007 ngetawain gw -.-"







 








Dan..akhirnya bel pun berbunyi.
Gw sama skali ga ada niat untuk bahas soal ujian tadi sama Icha. Takut minder. 


Gw tau, dia bakal bilang, "Ummm..Lumayan.." ,,

atau "Cukup Gampang, ya?" atau "GAMPANG BAAANGGEETTT..!!!"


Model kalimat yg terakhir itu, yg bikin gw pengen headshot kepala sendiri.



Faktanya, dia malah nepuk pundak gw duluan. 
Kita berdua saling melontar senyum.
Sampe luar kelas dia berkata, 

"AAhhh.... sussssah baaaanget tadiii.... Gilak ga ada yg gua ngerti tadi ! Ahh, tau dah !"

 
Oh..denger kalimat itu rasannya kaya denger, "NISA, LO DAPET LIMA RATUS JUTA !!"
Mata gw berbinarr !
Ternyata, yg ngerasa kesulitan sama soal ujian terkutuk tadi bukan cuma gw doangg.





 




Yah... namanya soal ujian, pasti ada 'susah' nya meskipun presentasenya kecil.
Sebenernya yg pertama nepuk pundak gw tadi itu bukan Icha. tapi....... ada laah~ awkawkawkk...


 









for you over there, thanks.. finally, i have a picture of you ( with me ).

 


For All.... CHEERS !! ☺











2 komentar:

Siwiramadhani at: July 6, 2011 at 10:00 AM said...

asli berasa bego banget gw baca postingan lo hahaaa .
Gw ngerasain hal yg sama bok :D eh gila ya nomer 1 sampe 10 pilihan kya di SNMPTN dong, apapulaa -___- *eh itu Jarkom apa SBD2 sih? hahaha
Yg jelas, SBD di paling lancar, Analisis lumayan okelah ya apalagi nomer 41-50 yg gue rasa pasti mayoritas bisa semua mengingat soalnya berupa gambar =)) tapi, jarkom? agak tertatih juga gue mengejanya, sama sekali ga ada bayangan . hari terlama ngerasain 2Jam kya 5Jam . OMG .

Bestiria 'icha' Reska at: September 12, 2011 at 9:10 AM said...

hahahaha.. bru baca tulisan lo yg ini.. ada gw'a :D
emg susah bnr dech itu ujian..ckck :o

jd inget wktu gw ngshoot lo, eh ada yg ............ =))
jd kyk paparazi gw..hahaha..
itu ujian hr ke brp ya?? :D

Blogger templates


Pages

Powered by Blogger.

Blogroll