Monday, October 10, 2011

TIKA (you've made me confused)


padahal lagi gak mood banget buat cerita.
tapi karena ada hal yg bener2 gak bisa gw tahan sendirian,
jadi gw tumpahkan saja disini, di blog ini.
sesuai dengan slogan blog ini... ha ha haaa ~__~




TIKA.
it's all about Tika.
Yes, its all about her.

Tika is just my friends.
She's my past.
But now, she comes again in my life.


kalo ada keluarga gw bertanya, "Tika itu siapa? "
gw akan jawab, "Satu-satunya temen gue waktu SD di kampung"
mereka akan bertanya lagi, "Lah...kok..???"
dan gw pun akan menjawab lagi, "Ceritanya panjang, mau diceritain?"
Kalo mereka interesting, gw akan cerita dengan sangat semangat,,
tapi kalo nggak, ya gw bakal ngeloyor pergi.
simple but sure.

dan entah knapa, hati gw slalu bergetar tiap cerita masa kecil gw di kampung.
rada lebay emang, tapi faktanya begitu.


ok, i will start my story now..
i'll try to remind my past again...



**********



gw lahir di Jakarta.
sekolah TK di Jakarta.
sekolah SD  di jakarta. di SDN 04. 
namun saat kelas 1 SD caturwulan II, gw pindah rumah ke jawa.
ke kampung emak gue, di wonogiri kota baturetno.
di sanalah orang tua gw bangun rumah.
dan disana juga-lah gw bersekolah.

di SDN 03 Janglot, Baturetno...
entah di hari apa, datanglah seorang anak baru pindahan dari Jakarta bernama Anisa.
Ya. itu gue.
pagi, gw dianter bokap ke sekolahan baru,
ke ruang guru ketemu guru kelas.
kemudian si ibu guru tsb langsung membawa gw ke dalam kelas.
And then...................... gw diperkenalkan dgn teman2 baru gw.




Sarap.... gw sbenernya maless nginget2 hal itu lagii... kwkwkwkkwwkwkw...


then,
I introduce my self in front of class....dengan menggunakan bahasa Indonesia.
wajar lah, itu kan bahasa gw sehari-hari.

tapi mungkin itu terlihat aneh buat temen2 dikelas karena mereka kan pake bahasa JAWA..????
tapi gueeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee...????????
*apesssss*



someone said, gue terlihat sombong kala itu,
just because i speak in indonesian. HAHAHA !



setelah itu gw melihat raut wajah semua temen2 baru gw.
dan yg diotak gw kala itu adalah, "kayanya nggak ada yg mau temenan sama gue deh"
karna gak ada raut wajah "seneng" gitu punya temen baru.
raut-raut wajah yg defensif.
kayaknya gw serem baanget buat mereka.
amsyong bgt emang gw.


muncullah nama Tika dalam keseharian gw.
yg gw inget, gw pulang sekolah selalu bareng sama Tika.
bisa jadi, karna kita searah - jadi bisa deket.
tapi dikelas juga gw mainannya sama Tika doang.


kalo hari2 biasa, gw juga jarang main kerumah Tika.
Tika-lah yg lebih sering main kerumah gw pakai sepeda.
(dan ibu gw inget bgt hal ini)


di sekolah, di dalam kelas, hanya ada 2 orang teman yg gw ingat namanya : 
Tika dan Dedi.
Dedi adalah anak yg mendapat peringkat 1 di kelas ketika caturwulan I.
kalo Dedi nggak rangking 1 mungkin gw juga gak akan kenal sama dia..hahahah
*parah


Nah, Tika sendiri adalah orang yg slalu bersama gue. hahahha lebay..tapi dia itu baiiiik banget.
setia sekalii dia sama gw..
ibaratnya dia adalah guide gue hahaha...
gue yg gak tau seluk beluk & lingkungan sekolahan baru selalu di dampingi si Tika ini.
hahahahahaa lucu !



nggak banyak hal yg gw inget saat SD, karna kerjaan gw kalo abis sekolah,, ya pulang kerumah. titik.
mengenaskan baanget emang.


nah, kalo siang gitu gw biasanya molor.
sore, nonton TRALALA TRILILI (acara favorit gue nih) =D
tapi setiap sore jam 3, entah hari Senin-Rabu-Jumat atau Selasa-Kamis-Sabtu itu gue ngaji.
dan tempat ngajinya itu jauuuuuuh~ banget.
serius jauh. udah gitu jalan kaki !
lumayan jauh-lah, buat anak seumuran segitu.
tapi gw gak pernah ngerasa capek, malah seneng. padahal pulangnya bisa sampai jam 5 lewat.


kalo malem, gw belajar.
tapi blajarnya sbentar bangett. mak gw sampe marah2 tiap hari kwkwkwkw... =D

dulu kan iklan di tv ada tuh slogannya "Belajarlah pada jam 7 hingga jam 9 malam"
nah, masalahnya tiap habis magrib nyokap selalu nyuruh gue be-la-jarr.

dan kala itu, bisa2nya gw ngelawan, "kan katanya kalo belajar dari jam 7 sampe jam 9 malem !!"
dan doi membentak gue, "EMANGNYA BLAJAR HARUS SLALU DI MULAI JAM 7 !!??"

gw yg saat itu masih sangat menakuti nyokap, hanya bisa terdiam mendengar suara emasnya ☺


ya, gw belajar di kamar. beneran...belajar...
gak kaya skarang yg banyak bgt godaan buat belajar dikarenakan faktor x, y, z, u, a, b,c dll.
faktor tsb adl : handphone, internet, game, drama korea, dan acara2 lainnya.
yak iyaalah, jaman doloo itu jam 7 malem TV isinya beritaaaaa smua! apa yg mau gw tonton ?


biasanya setelah belajar, gw bermain.
gak tau mainan apa, tapi gw main sendirian di kamar.
adek gw masih kecil, umur 2 atau 3 tahunan. mana bisa gw ajak mainan? main lari-larian? lompat-lompatan? ga mungkin kaaan? =D


oneday, pernah nyokap ngeTes belajar gw.
dia membacakan soal2 yg ada di LKS, lalu gw yg menjawab.
kalo bisa jawab ya lanjut soal berikutnya, kalo gak bisa ya gw di BENTAK.
itu udah harga mati.
 

hhmm........ nilai pelajaran gw OKE semua.
tapi hanya ada 1 yg nggak oke, yaitu..........................................BAHASA DAERAH.

itu nilai ancur-ancuran banget...wahahhahahahaha... nggak layak di sebut pelajar gw kalo inget plajaran itu. hahaha =D 
sampah banget nilai gue. serius ! wakakakakaka.....

ngeliat LKS Bahasa Daerah aja udah mabok rasanya, tambah lagi gw harus buka itu buku, trus ngerjain soal²nya.
maksud dari Soalnya apa aja gw nggak ngerti,, gimana mo jawab ?? huhahuhahhauhuahahuauuau.... =D




**********




di sana, di kota Baturetno gw hanya tinggal bertiga sama nyokap dan adik gw masih berumur sekitar 2 atau 3 tahunan.
bokap gw kerja di jakarta dan dia hanya pulang 1 bulan sekali.
dan itupun hanya beberapa hari, then he will back to jakarta.
and... setiap kali bokap gw datenggg.... gw seneeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeng buanget!!
yg ada di otak gue adalah, 'gw bisa dimanja sama bokap'


sebenernya bokap juga nggak memanjakan gw yg keterlaluan kaya anak2 biasanya.
tapi gw ngerasa seneng dan nyaman bgt kalo ada bokap.


kalau saatnya dia harus balik kejakarta....... udah deh, tangisannn smua.
gw juga nangis sampe sengguk-senggukan.. begitu juga nyokap.

kalo bokap nanya, "nanti mau dibeliin apa disana ?"
gw cuma menjawab, "minta beliin tempat pinsil kalo nggak sepatu"
duuh...mulia banget gw saat ituu~

Cooba sekarang bapak gue nanya lagi begitu, "nanti mau dibeliin apa?"
dengan tampang manis & sendu namun meyakinkan gw pasti akan menjawab, "mau android,, mau alienware,, mau i-pad.."

*yakk..itulah.. makin kurang ajar emang =D



dan tibalah saatnya gw harus kembali lagi ke jakarta.
gw sama sekali nggak tau, apa alasan gw harus kembali ke sana.
yg gw inget, beberapa hari sebelum gw berangkat ke jakarta,,
setiap malam gw selalu sedih karena inget hari esok gw akan meninggalkan rumah ini.
tiap malem mau tidur gw selalu mikir, "hh...besok gw ke jakarta.. sedih banget.. gak ketemu temen2 disini laagi"
*temen2 yg dimaksud disini adalah temen2 di lingkungan rumah gue. bukan disekolah.
Nama TIKA pun nggak ada di otak gw kala itu.



Setelah di jakarta, gw bersekolah lagi di sekolah gw yg pertama, di SDN 04.
yaa ketemu laagi sama temen2 dulu.

gw tanya sama si Ayu, "dulu, waktu gw di jawa, yg ngajar di kelas 2 siapa?"
"Bu Ida" , jawab Ayu.



kalimat "dulu waktu kelas dua" , rasanya tuh kaya iklan aja.

kelas satu gue di SD 04, kelas dua gw di SD 03 dikampung, kelas tiga gw balik lagi ke sini..ke SD 04.
rasanya kaya iklan dalam hidup. ya iklan. iklan yg cuma sebentaaaar banget.
kalo dibilang gw tinggal di jawa genap 2 tahun, ya nggak genap-genap baangett. :(




after that, i continue my life.
gw menjalani hari² biasa gw sama seperti yg lainnya.
tapi ketika hari pertama balik di SD lama, temen2 pada bilang "logat gue medok banget"
hahahahhaha.... itu lucu,
mengingat perjuangan gw yg sussaaaaah bgt 'bertemen' dgn bahasa jawa =D hahahaaa



selama tinggal di jakarta, seperti warga lainnya, pasti ada tradisi "mudik lebaran"
sama, keluarga gw juga.
di tiap tahunnya, gw selalu pulang ke kampung nyokap, kalo sempet ya juga ke kampung bokap.
(ribet nih emang kalo punya 2 kampung) :p


ke sana pun hanya kerumah nenek aja, bukan kerumah orang tua gw sendiri yg di baturetno tadi.
karna selama gw tinggal di jakarta, rumah tersebut di kontrakkan.
seeeelama bertahun tahun.


tapi sejak SMA, gw mulai ngerasa kangen² gitu sama rumah di baturetno itu.
kadang gw mikir, "eh gw kan pernah tinggal di saaana ya?" ,, "eh gw kan pernah skolah di saana ya?"

sejak itulah, kalo gw kerumah nenek yg di wonogiri, gw selaaalu curi kesempatan untuk bisa melihat rumah gw tsb.


ini bukan perkara mudah, mengingat rumah nenek dgn rumah di kota baturetno itu jauuuh.
dan nggak gampang dapet ijin dari nyokap untuk keluar rumah.
maksudnya nyokap tuh, malu kalo gw sampai menampakkan diri di kota baturetno dan ketemu sama tetangga rumah disana.
menampakkan diri tapi nggak mampir.


sejak saat itu gw ngibul dikit2 sama nyokap.
gw kerja-sama dgn bokap u/ bohong sama nyokap. hahaha... terpaksA.
alibi yg dipakai adalah, "pengen banget ke baturetno, pengen makan tongseng ! "
kadang gw juga minta tolong bokap u/ bilang ke nyokap, "besok mau ke baturetno mau ngecek tiket "

ya gak ngibul juga sih, orang faktanya emang ngecek tiket bus beneran, emang makan tongseng beneeran... haha..


tapi sekalian lewat rumah disana, ngelihat tuh rumah yg makin tahun makin keliatan jelekk.. paling kuno..
ngeliat teras rumah sendiri, gw inget,,
duluuu gw kalo mainan disituu...
dulu gw kalo becanda disituu...
duluuu gw suka mainan aer di kran itu...
itu jendela kamar guee... iyaa itu kamar guee...

aaaarrrgghh....gw cuma punya waktu beberapa detik aja buat ngeliat rumah sendirii :(
sedih baangeeeeeet.... :(


sejak itu, setiap tahun gw slalu 'curi kesempatan' untuk bisa ngeliat rumah.
ya, dgn alibi -> mau ngecek tiket atau pengen beli tongseng.
dasarnya emang bokap suka jalan2, suka muter2, yA mau aja dia..waktu gw minta,
"Paaaak~ pengen liat ruuuuumaaah~"

ya, gaya permohonan gue yg selalu merengek & menjijikan seperti bocah.
HUH! gak berubah.


beruntungnya, gw punya bokap paling baik dan paling ganteng sedunia.
yg selalu mengabulkan keinginan gue.
Lalalallalalalallaa~



**********



Di lebaran tahun 2011 ini, alhamdulillah ada kesempatan gw ke kampung lagiii.
gw sempet ke kampung nyokap dan bokap.
kalo kekampung bokap udah sekitar 3 tahun gw gak kesana.
i miss everything at there !




◘ Kamis, 1 September 2011 ◘
hati gw cemas bukan main. gundah gulana. wah pokoknya kacau.
ceritanya, gw pengen banget ketemu sama temen lama gw si TIKA.


sebelumnya, di jakarta gw udah bikin surat buat TIKA.
surat tsb niatnya mau gw titipkan ke PakDe Suroto, orang yg ngurusin rumah orang tua gw di baturetno.
karna biasanya, pakde suroto tiap lebaran pasti mampir / silaturahmi ke rumah mbah gw.

masalahnya adalah :

• surat gue KETINGGALAN •
makanya saat perjalanan ke jawa, gw murung terus. bete. surat gw ketinggalann :(


sampai saatnya di jawa, udah lebaran, Pak de Suroto kok gak dateng2 sih ? :(
dan udah lebaran lewat berapa hari jugaa, si Pakde suroto ini kok gak kerumah2 :(




◘ Jumat, 2 September 2011 ◘
secara tidak terduga, Pakde Suroto datengg kerumah mbah.
Seetiap pakde suroto kerumah mbah, kalimat pertama yg dia lontarkan ke gw adalah :

"ndok, kamu masih inget temenmu dulu gak, mba TIKA ? "


beeeeeertahun2 selaaalu tanya begitu ke gue.
YAAA JELAS GW MASIH INGET BAAANGET LAAAAH..... temen kecil gw gitu :(


"Pak de, aku boleh nitip nomer hpku ndak buat Tika ?"
"Ooh..yaudah..yaudah.. "



Siangnya, Tika langsung sms gue.
Doh..gw seneng bangettt.
senengnya kaya dapet duit Lima Ratus Juta !
langsung histeris jingkrak2 kaya org gak punya dosa di siang2 bolong.
cuma karna dapet sms dari seorang TIKA.
ya. kadang gw emang rada norak. =D


setelah berkangen2an dgn tika lewat sms, gw ada rencana.
rencana mau berkunjung kerumah Tika.
manusia memang hanya bisa berencana, tapi tetap Allah yg menentukan.
dalam hal ini EMAK GUE lah yg menentukan.


setelah dapet sms dari tika, seharian gw diem.
gw takut bilang ke nyokap kalo "besok gw mau maen kerumah Tika"
rasa gelisah hanya gw sendiri yg merasakan.


gw mikir......,,,

"duh..gw udah gede! masa masih gak boleh kmana-mana.."
"duh..gw pngen bgt maen kerumah tika..tapi gimana caranya ya?"
"duh..bapak mau gak ya..nganterin gue?"
"duh..gw boleh pergi gak ya..sama mamah?"
"ah bodo amat, gw bakal  ngerengek-rengekkk sammmpe boleh pergi!!"
"ya Allah..gw cuma punya waktu 1 hari doang untuk bisa ketemu tika, kalo gak nunggu 1tahun lagi gue"
"ya Allah..kesempatan gw cuma besok doang..besoknya udah pulang kejakarta.."
"ya Allah................................................."



emang rumit bgt keadaan otak gw saat itu.
lebih rumit dari coding yg dikerjain waktu gw praktikum di kampus.
akhirnya, gw menyusun rencana.


Pertama, gueeee ehk.......'merengek' ke bokap.

"Paaaak... besok anterin aku yaa.. kerumah Tiikaaa~ "
"pakai motornya siapa? nggak ada motor ?"
"huaaaah....adaaa motornya rizky... ntar aku yg bilang deh.."
"yaudah..BANGUN PAGI BESOK !"
"(swt, kesannya gw tukang molor bgt) IYEEE UDAH PASTI ITU MAH !"



oke, mission 1 is complete.
next... nyooonyaaa beesaaaaar...



Gw melihat keadaan nyokap yg lagi oke suasana hatinyaa =D ha~ha~ haaaa~

"Maah~ besok aku maen kerumah Tika ya ? "
"Hah!! apa!!??"
"Iya..malah tadinya tika yg mau main kesini, nih baca aja smsnya? cuma kubilang aja JANGAN"

"*ngitung duit*


skalian gw tambahinn alibi keramat :

"Skalian pengen makan tongseng.. Udah lebaran nih.. kmaren pas baru sampe di terminal gak sempet sahur pakai tongseng kan guee... udah lewat lebaaaaraan neeehh kasian perut gue"

"EMANG ADA MOTORR ??"
"ITU BISA DIATURRR"
"ya uudah..udah bilang bapak lo? "
"U D A H"
"ya uuudah.. terserah elo"



oke, mission 2 is complete.
all i have to do is JUST BANGUN PAGI !
after that, everything's in my hand B-)




◘ Sabtu, 3 September 2011 ◘

gw kerumah tika. gw masih sangat ingat rumahnya.
uoh... baru dateng gw langsung dipeluk tika seerat-eratnya.
Ooohh...begini toh tampangnya si Tika sekarang.. hahaha !


Tika mengundang temen2 yg lain untuk kerumahnya.
Ada Dana, Rinto dan Sangga.
temen yang juga temen gue juga.
temen yang gw udah lupa, kalo itu temen gw juga.
temen-temen SD gue.


sama sekali gak ada niat, untuk melupakan mereka.
justru gw seneng bgt mereka masih antusias u/ mau ketemu gw.
karna saat sekolah disana gw sama sekali ngerasa kalo gue GAK PUNYA TEMEN.
jadi seneng bgt, kalo mereka ternyata menganggap gw adalah temannya.
gue dianggap 'ada' dalam kehidupan mereka yaitu sebagai teman sekolahnya.
jujur gw seneng banget.


mereka pun ketawa ketiwi, but im just silent.
mreka pikir gw gak ngerti apa yg mereka bicarain.
*cause they speak in javanese*


gw ngertii.. ngerti abiss..
cuma bingung aja, gw mau ngomong apa.
mereka cerita masa sekolahnya waktu SD.
Lha gw? kan gw udah pindah?? kan gw cuma 2 tahun..
cuma bisa ngeliatin mereka yg seru bgt cerita waktu kecil.
sedih gue. ngenes =D




◘ Minggu, 4 September 2011 ◘
gw kembali lagi ke jakarta.
tapi Sangga, Tika dan Rendra ikut menemui gw di Terminal.
aduh....... so sweet bgt pemandangan kala itu =D
Mereka pun hanya bisa memandangi gw yg udah duduk didalem bis, dan sebaliknya.


dari luar, Tika sms.
Dia bilang kalo dulu, dia nangis waktu gw tinggal ke Jakarta.
Hahahahahaaha... gw bilang aja, 'kok sekarang gak nangis lagi ?'
=D

skarang kan ada teknologi ponsel, jadi kapanpun bisa dihubungi.
tidak seperti jaman dulu kala, jamannya pakai SURAT =D
SUSSAH !!




▒○▒○▒○▒○▒○▒○▒○▒○▒○▒○▒




Minggu lalu Tika sms gw. Dia mau kerja di Jakarta.
Senengnya bukan kepalang baca sms itu.
gw pengeen bgt ketemu dia lagi.
gw menyusun rencana untuk ketemu dia.
gw mempersiapkan hari Sabtu & Minggu untuk bisa ketemu.
tapi apa daya, lagi2 manusia hanya bisa berencana Allah yg menentukan.


belum sempat ketemu, 2 hari lalu Tika bilang -> "mau balik lagi ke jawa"
kalo mau dipaksa ketemu juga gak bisa, gw kuliah.
2 malam itu gw cuma nangiiiiiiis aja.
kuliah nggak mood.
biasanya gw yg addicted to internet, tapi 2 malam itu gw sama skali gak nyalain laptop.
bener2 maleees bgt ngapa2i :( sedih aja bawaannya.


Ada 1 kalimat di smsnya yg bikin terenyuh :


"mba, padahal kita dulu berteman cuma 2tahun, habis itu pisah.
setelah bertahun2 ketemu lagi, tapi aku ngerasa kaya udah kenal lama banget "


>_< itu sms yg bikin gw nangis malem2 mau tidur dan langsung gak mood kuliah.
gak mood ngapa2in. bengong aja di kampus.
hhh.............something's wrong on my mind...... :(


pengeeeeen deh mencari kedamaian dimana people...culture.. dan activity nya berjalan seimbang sehingga gw bisa menikmati kedamaian itu.... 
haaaaahhh... -_-" otak gw udah penuh dgn polusi !



**********




Liburan semester ini gw pengen banget ke Solo.
kalo ke Solo, kemungkinan gw bisa ketemu Tika.
tinggal ngatur waktu aaja.


2 tahun lalu, gw pengen ke Solo sama temen2, tapi BATAL. GAK JADI.
setahun lalu, gw pengen ke Jogja sama temen2 juga, tapi JUGA BATAL. GATOT alias Gagal Total !




kalau Allah berkehendak dan mau berpihak sama gw lagi,, 
gw pengen, gue bisa ke SOLO di liburan semester ini. ☺ 


0 komentar:

Blogger templates


Pages

Powered by Blogger.

Blogroll