Saturday, September 24, 2011

Somebody help me, please !


"Lingkungan mampu mengubah perilaku manusia "
Hahahaha..... gw rasa kalimat itu tepat kalo ditujukan buat gue.
Faktanya, emang gue ngalamin sendiri kok ;)




Pernah ada seorang teman yg bilang gw "kalem"
Aduuh, jadi mulezz gw dengernya. kwkkwkwkww...
Ada benernya dan ada salahnya juga sih.
Soalnya gw bisa banget kalem, tapi juga bisa banget petakilan.
ya, emang gw serba bisa..
wkwkkwwkkww..


ada temen sekolah waktu SD yg bilang gw pendiem.
tapi banyak juga yg bilang gw cerewet dan gak bisa diem.
Pendiem itu.. saat gw bersekolah SD di Jawa.
Cerewet itu.. saat gw bersekolah di Jakarta.
mungkin karena alasan beda bahasa atau budaya, gw jadi diem.
makanya gw bilang lingkungan mampu mengubah perilaku.. HAHAHAHAHA....


gw sendiri mengenyam pendidikan di perguruan tinggi pada fakultas ilmu komputer & teknologi informasi. Dimana menghabiskan waktu untuk berinteraksi dengan Komputer alias benda mati. Komputer memang benda mati, tapi dia bisa membantu segala jenis kebutuhan manusia. Informasi gak akan sampai secepat ini dengan adanya kemajuan teknologi komputer ditambah jaringan internet. Kok rasanya gw kaya dosen Pengantar Teknologi ya?? jadi bahas komputer giini ??
*hahahha...out of topic


Ya itulah. ada orang yg sangat tertarik dgn ilmu komputer. dia menghabiskan waktu di setiap harinya untuk ngoprek. 'Geek' adalah sebutan untuk mereka yg emang kutu bgt sama komputer. 
*semoga gw gak salah sebutan


Beda dgn anak fak.ekonomi terlebih akuntansi yg tiap hari bergelut dgn segala pelajaran yg menyangkut hal ke-akuntansian. Hitung sana, hitung sini, bergelut dgn angka - angka yang nggak jarang tuh angka sampe gak muat di kalkulator..saking kebanyakan nol dibelakang koma. 
dan akhirnya,,, mereka jadi lebih sensitif terhadap uang... hahaa.. 
*katanya sih giitu..gw mah ketawa aja



Pernah liat anak jurusan seni ? yak..yg sering kita liat dgn style-nya yg 'whatever' , kadang aneh - aneh. rambut gondrong, gimbal, pake' blangkon, dll. Gak ngerti deh, sama apa yg ada dipikirannya. tapi menurut gw mereka unik dan beda, karena mereka biasanya cara berpikirnya 'out of the box' . Tapi orang-orang seperti itu biasanya jua malah dianggap aneh sama sekitarnya. 


waktu sekolah aja, gw ngerasa kalo gw udah aneh.
masuk kuliah, tambah ngerasa diri gw lebih aneh laagi.
gak tau anehnya kenapa, tapi banyak temen2 sendiri bilang, gw itu beda.
dan mereka gak pernah ngerti jalan pikiran gw.
karena mereka pikir aneh, makanya gw pernah dijadiin tumbal u/ jadi ketua kelas kala itu.
ya..emang mereka kampret2 yg gak punya perasaan.. :D
*masa yg sungguh suramm :D




terlalu sering berinteraksi dgn komputer emang gak baik.
segala sesuatu yg berlebihan emang gak baik. tapi gimana lagi ?
anak komputer pastinya ngabisin waktu didepan komputer doong ?

gw pernah baca artikel entah di blog atau dimana tapi menjelaskan kalau "orang yg kelamaan di depan komputer itu lama2 bisa bikin dia ga bisa sosialisasi sama lingkungan" Kenapa? Karena semua terbiasa secara TERTULIS. misalnya interaksi dgn temen di dunia maya lewat chatting. kita ngobrol. hanya dengan lewat tulisan yg kita baca - dari cerita temen aja, kita bisa tiba-tiba ngerasa sedih atau bahkan ketawa ngakak. Segala ekspresi wajah bisa kita hadirkan hanya dgn tulisan yg terketik. Bedanya, ekspresi2 ini hanya kita rasain sendirian. gak bisa kita lihat.

mana taau kita, kalo temen kita lagi ngakak guling-guling karna ada hal lucu ?
paling dia cuma ngetik "anjritt..ngakak gue" atau "sumpaah..gw disini ketawa terbahak2 baca cerita lo"


ekspresi2 wajah yg biasanya kita lihat, bisa kita rasakan hanya lewat tulisan.


jadi jangan heran kalo suatu saat emak lo bakal nganggap lo aneh,
karna mak lo ngeliat anaknya ketawa-ketiwi sendirian di depan PC,
abis ketawa-ketawa trus diem..merenung..fokus.......gak lama ketawa lagi.
Siapa yg gak takut ngeliatnya ?
Emak lo yg ngeliatin lo dari awal sampe akhir juga bakal takut sendiri, takut kalo anaknya GILA 


*Bisa cerita gini karena gw ngalamin sendiri... :D




ya emang itu yg gw rasa & lihat.
sekarang, banyak orang yg ngabisin waktunya sendirian di depan komputer.
lewat chatting, mreka bisa ngobrol sama temennya yg di luar lingkup rumah.
tinggal koneksiin pc / laptop ke internet, trus browsing deh sepuasnya, anteng di dalem kamar.
mereka udah asik sama kehidupannya sendiri.


gw ngerasa, ketika kecil, interaksi gw sama orang dewasa kayanya sering bgt.
kalo sekarang, seperti ada rasa takut kalo ketemu orang.
cuma pengen nyapa aja.. rasanya sussaaaah banget.
nyokap sering banget marah2 ke gw, hanya karna gw jarang atau bahkan gak pernah keluar rumah.
keluar rumah hanya u/ sekedar nyapu halaman.. ga pernah gue lakuin kalo gak disuruh.
gw lebih milih bersih2 di dalem rumah.


padahal gw selalu ketemu tetangga rumah kalo pas berangkat kuliah, trus gw nyapa.
padahal itu udah dilakuin berulang-ulang tapi setiap ketemu selalu timbul rasa takut atau canggung.
hello.....itu kan hal biasa. tapi kenapa gw ngerasa takut ya??
ya...rasa canggung takut atau cemas itu emang slalu muncul...
meskipun akhirnya gw nyapa / ada percakapan sedikit tapi selalu ada rasa ga nyaman.


Rasa kepedulian gw pun rasanya semakin luntur.
peduli sesama manusia <- rasanya terakhir kalimat ini gw temuin di pelajaran pendidikan kewarganegaraan SMP.
kepedulian gw mungkin hanya untuk teman dekat atau keluarga sendiri.
belas kasihan terhadap hal kecil yg bikin gw terenyuh atau sedih juga kayanya gak ada.
apa jangan2 gw udah gak punya rasa belas kasihan ?


Segala sesuatu yg serba 'keras' di ibukota, kayanya bikin gw kehilangan rasa2 welas asih yg malah seharusnya dimiliki seorang perempuan. rasa kemanusiaan gw kayanya mulai tergerus secara perlahan. hahahaha...serem banget.. sekarang gw jadi tegaan orangnya. dulu gak gini2 banget.

tapi biasanya kalo mau tidur, gw baru ingat semuanya.
semua hal yg udah terjadi hari ini..dan gw baru bisa mikir..
"duuh dimana sih otak gw, kok tega ninggalin anak orang dijalanan"
 
"duuh dimana sih otak gw, kok tega bgt laporannya gw kasih nilai 6 !"


rasa bersalah itu baru timbul ketika gw mau tidur... barulah gw mikir...
telat banget emang. ammpun deh !


jiwa sosial gw udah mulai hilang kayanya..
ya itu tadi, interaksi ke sesama manusia langsung udah jarang banget.
kadang2 timbul rasa takut.. takut jangan2 gw berevolusi jadi robot.
robot yg gak punya hati sama sekali, gak berperasaan, gak bisa interaksi..
hahahha...emang suka berkhayal tingkat dewa gue.. :D




Gw butuh orang yg bisa membantu gw keluar dari kegelapan ini..hahaha..
waktu lebaran kemarin di kampung, rasa manusiawi gw rada keluar.
gw ke pasar.. interaksi sama orang.. 
paling nggak gw berani ngomong sama orang yg gak dikenal (baca : tukang koran)
butuh perjuangan karna gw gak lancar berbahasa Jawa biasa apalagi Jawa yg halus.


gw ngomong bahasa indonesia dgn logat jawa,
tapi lawan bicara ngomong pake bahasa jawa yg diselingi bahasa indonesia.
si lawan bicara berusaha ngomong dgn bahasa gue...dan gw pun berusaha ngomong dgn bahasanya dia..


ini jadi lucu, seru dan sangat menyenangkan..walopun kadang geregetan karna gw gak tau bahasa jawanya dari suatu kata tertentu, sedangkan itu udah 2 kata terakhir di kalimat gue...
jadi kalimat gw gak selesai,,karna ada kata yg gw gak tau dalam bhs jawanya apa... Hahahhahaa... 
sungguh menggelikaaaan... inget gaya ngemeng gw waktu itu..
menyedihhhkaaaaaaaaaaaaan...........kwkwkwkwkwkwkww....








Yaaah... semoga saja ada orang diluar sana yg bisa bantu gw mengatasi permasalahan gue dalam hal interaksi ke masyarakat... ke sesama manusia. Gw sendiri kan manusia, tapi kaya gak punya rasa kemanusiaan. Hahahaha...jadi galau sama ras sendiri... kwkwkwkw...

 salam manusia aneh !

0 komentar:

Blogger templates


Pages

Powered by Blogger.

Blogroll