Saturday, September 10, 2011

Pemudi dengan huruf A dan angka 1


nyokap sering ngomelin gw. 
mulai dari hal kecil sampai hal besar. 
mulai dari masalah anduk, sampe kran aer. 
mulai dari masalah jemuran, sampe pakean dalem. 
mulai dari doi ngomel, berdiri, sampe akhirnya ngelempar sapu ke gue. 



nyokap juga sering ngomelin adek gw. 
mulai dari hal kecil sampai hal besar. 
mulai dari masalah pintu kulkas, sampe pintu lemari. 
mulai dari masalah baju, sampe sabun mandi. 
mulai dari doi ngomel, berdiri, sampe akhirnya ngelempar sepatu ke adek gue. 



gw juga sering berantem, sama adek gw. 
mulai dari hal nggak penting, sampe hal yg lebiih nggak penting lagi. 
pemandangan kekerasan fisik selalu mewarnai hari - hari kita. 
cubit, tabok, jambak.... rasanya gatel kalo nggak ngelakuin itu semua. 

Ya, rumah terasa seperti arena perang. 




******************************************************************


tapi, disuatu malam yg cukup damai, 
gw nyokap dan adik gw bersama-sama nonton tv dikamar nyokap. 
ini pemandangan yg SANGAT LANGKA. 
langka, mengingat kita bertiga selalu terlibat 'konflik'



kita bertiga nonton tv dengan damai di kamar nyokap.
menonton acara yg paling Gue dan adik gw benci. SINETRON.
entah hal apa yg bikin gue dan adik gw mengalah, kala itu. 


tiba-tiba, ditengah keheningan, nyokap nyeletuk : 

"nanti elo pada, kalo punya anak jangan dikasih nama awalan huruf 'A' yah.. "



WOW. Gue nggak pernah ngerasa se-tersinggung ini. 
Apalagi yg menyinggung emak gw sendiri. 
Gue saaangat merasa tersinggung. 



" AAAPAAA!!!!?? "

" iya... jangan kasih nama awalan huruf A, kasian anak lo ntar... "


" dengan semudah itu mama ngomong begitu!!!??? Gueee.... gimana nasib gueee??? TIIIGAA Taauunn disekolah gw di absen nomer SATUUUU  teruuuusss......!!!!!!!!! "





dengan enteng doi menjawab : 


"yaa...beruntungnya lo bisa ngurus masalah lo sendiri "





"WHATTTTT?? parah banget! nggak ada kesian-kesiannya sama skalii ama gue "
"iyaa, pokoknya jangan kasih nama yg awalannya huruf A, KASIAN ! "
"lah??  terserah gue dong, gue yg punya anak, gue yg ngelahirin ! " 
"IYAA, GW TAUK,  GUE CUMA NGINGETIN... KA-SI-HANN !!!
"MAAMA DOLOOO KAGA KASIAAN AMA GUEEEEE !!!!????? "
"yaa... dulu mana taau. Dulu nama lo tadinya Islam banget. Anisa siapaaaaa...gitu. sussah banget deh! Dari keluarga bapak lo tuh, yg mau ngasih nama... orang gw yg ngelairin, terserah gue dong "
"NAH, itu mama sendiri sewot kan !! " 






tiba - tiba adek gue :


"Kalo gue awalannya huruf 'D' , absen nomer 5 ! " 
"elo mah gak penting ! "
"S-E-T-A-N "




nyokap :


"Udah !! Udah !! yg penting, Jangan kasih nama awalan huruf A !! UDAH !! GW MAU MAKAN !! " 




Dan kebersamaan kami menonton tv pun, hanya sampai disitu saja. 







Nyokap makan. 
Adek gw sms-an dikamar. 
Gw pun merenung di kamar mandi. 
Ya. entah kenapa pikiran gw selalu encer kalo lagi buang air begini. 
semakin gw rileks nongkrong, Bayangan saat gw sekolah jadi semakin jelas. 


Gw jadi berpikir, 
Kok tega baaanget siiihh emak gw ngomong begitu ? 
Dia nggak taau apa gw tersungging abiss ! 

tiga taaaun di SMA menempati absen no. 1 dikelas. 
bikin hari hari gw 'menyeramkan'
kalo dikelas gw ketakutan. 
takut kalo disuruh maju ngerjain soal sama guru. 

kalo abis nerangin, biasanya sang guru nyuruh muridnya ngerjain contoh soal.  
guru kan nggak selalu ingat nama muridnya.
maka dari itu, pasti doi ngeliat Absen kelas... JENG JEEEENGGG...!!!!!





Ada guru yang ngeliat nama muridnya secara random, alias acak. 
Ada guru yg ngeliat nama muridnya dari absen paling bawah. 
Ada guru yg ngeliat nama muridnya dari absen paling teratas,.. nah disinilah letak nama gw berkibar. 

ada guru yg cara ngejelasinnya gampang dimengerti oleh para muridnya. 
tapi, gimana ama guru yg cara ngejelasinnya bikin murid insomnia ? 
begadang tiap malem karna ga ngerti ama materinya ? 

ada guru yg cara ngejelasinnya jelimet, rumit, atau malah gak jelas. 
gue sampe nanyaaa terus ama temen sebangku gue. 
perkara makin besar karna yg gue tanya juga kaga tau.

'nggak guna loo, masuk kelas ini.. "
'lo pikir lo berguna, Nis ! "
'kalo lo berguna, coba jelasin maksudnya tuh guru apa ?' 
'maksud gue, kita berdua sama - sama gak berguna di mata guru itu...'
'wakakakakaka !! ' 



kita berdua pun akhirnya becanda.
becanda demi menyenangkan diri sendiri, demi menyegarkan otak, dan demi menghilangkan kesuraman otak kita.

si Ibu guru pun udah selesai ngejelasin. 
udah neranginnya nggak jelas, kalo nunjuk selalu absen yg urutan nomer satu' ! 

tiap pelajaran ibu ini, tiap doi udah selesai nerangin, 
sampe hapal, gw selalu ngomong ama temen sebangku gue, 
" liat dah liat... pasti bentar lagi nama gue yg dipanggil... "
" iyalah, arah matanya keliatan, absen paling atas " 
" pasti yg absen paling bawah seneng banget nih, nyantai bgt idupnya " 




ada lagi kesialan yg lain. 
ada model guru, yg kalo nunjuk muridnya berdasarkan pengurus kelas. 
kebetulan kala itu, yg jadi ketua kelas adalah gue. 

ada seorang bapak guru yg udah cukup tua dan pikun. 
kalo nerangin juga kurang jelas. 
gue sangat inget banget.. sampe sekarang,, 
kalo tiap selesai nerangin dia selalu ngucap kalimat tanya, diakhiri kata ' KETUA
ketua, maksudnya gue.. ketua kelas. 

misal : 
"Mengapa table manner sangat diperlukan oleh seorang sekertaris..., KETUAA !!???? Aaapa KETUAA!!?? coba jawab ? '



tambah lagi doi orang batak, pasti tegas and lantang banget kalo ngomong. 
ya, doi emang selalu ngincer para pengurus kelas
ketua, sekertaris, bendahara, temennya ketua, temennya sekertaris, temennya bendahara. 
ya mampus aja yg duduk deketan ama pengurus kelas... :D :D 

pernah juga, sang guru olahraga menghukum gue. 
gue lupa tepatnya ngapain, sampe gue dihukum. 
si bapak ini tiba-tiba dateng ke kelas gue dan nyariin gue. 


"MAAANA KETUA KELASNYAA!!!? "

beberapa jari telunjuk menunjuk ke arah gue.  
gue lagi asik 'ndanga', ada balon yg terbentuk sempurna dari mulut gue, karna gw lagi makan permen karet.  
tiba - tiba tu balon meletus tidak beraturan..waktu gue tau ada guru olahraga melototin gue di depan kelas. 


doi langsung nyuruh gw maju ke depan kelas. 

" KETUA KELAS ?? "
" iya pak.. "
" NAMANYA SIAPA ? "
" anisa, pak "
" ABSEN NOMER SATU PASTI... COBA SAYA LIAT DULU.. TUH, BENER KANN !!?? "
" ... " 
"SQUAT JUUUUUMPP SEPULUH KALI!! CEPAT!! "
" (anjrit) " 



then, gw squat jump 10 kali didepan kelas, disaksikan temen-temen gue.
man....... gue ketua kelas elo - elo pada, disetrap begini dan lo cuma ngeliatin gue? *anak buah kurang ajar 
damn!! akhirnya gue pasang muka stay cool
ber-squat jump sambil ngunyah permen karet. 



setidaknya, kala itu bukan gw doang yg di setrap.
ada beberapa temen gw yg disuruh squat jump juga. 
saat mereka squat jump, gue pun ngakak sepuas hati di pojokan kelas.
ngakak sambil teriak dalem hati "MAKAN TUH SQUAT JUMP !"

tapi ada juga guru yg gak kurang konsisten. 
pelajaran bahasa inggris. 
katanya, dia bakal nanya ke muridnya, diliat dari absen. 
setelah dia melontar pertanyaan, dia ngeliat muka gue. 


"coba jawab, aapa? "
"(celingukan) hah!! saaaya bu?? "
"iya..kamu.. "
"liat dari absen duulu, Bu!! emang ibu tau sapa nama saya? "
"iya sudah... ibu tau.. anisa kann?"



JENGGG..JEEEENGGGG....!!!!!!!! 
aapa yg saalah sama gue ? kok dia hapal nama gueee????
gw ngeliatin si Ibu dengan senyum, sambil teriak histeris dalem hati,, 
" W H A A T THEEE HEEEEELLL!!!!!!??? "






******************************************************************

kadang gw merasa, kalo ini kutukan. 
tapi kutukan dari siapa ? 

kok guru sampe inget nama gw.
karena, tiap minggu melontar pertanyaan : selaaaalu gue yang tertunjuk. 
sampe inget muka dan inget nama gue. 
herannya, tuh guru gak bosen-bosennya liyat muka gue -__-
*padahal kan muka gw nggak se-kece Megan Fox

masih banyak hal yg buat gue cemas tiap hari, selama 3 tahun itu. 
tiap mau brangkat skolah rasanya malay banget. 
tiap hari masuk sekolah rasanya kaya uji nyali. 
suka paranoid kalo lagi belajar. 
selalu ada gumaman  : 

"yah.. dia lagi.. kena nih gue ! " 
"yah.. yah... nama gue dipanggil dah!!"
"yah.. bentar lagi gue suruh maju dah" 


gue masih terlalu muda untuk merasakan ketakutan yg luar binasa itu. 






******************************************************************


inget kejadian itu semua, 
bikin gue ngrasa tersungging ama celetukan nyokap tadi. HAHAHAHA...
nyokap gak tau gimana rasanya hari-hari gue disekolah akibat nama gw yg berabjad paling Awal itu. 
jelas gue nyerocos waktu nyokap bilang "JANGAN namain anak yg huruf awalnya A ".
atas dasar apa doi nyeletuk begitu? 
gw merasa tersingkirkan.



kayanya.. nasib gw gak dipikirin banget. 
kayanya.. doi gak ngerasa kalo punya anak yg nama awalannya huruf A. 
enteng banget doi ngomong begitu. 
dia ga ngerasain, gimana kerasnya gw bertahan hidup dikelas. *asik dah
selalu ditunjuk guru, ditunjuk temen, dijadiin tumbal, diliatin duluan...



..........dan kegiatan buang air gw pun selesai. 
ingatan tentang kerasnya hari gue saat disekolah pun sirna..bersamaan dengan guyuran air yg gw buang ke jamban.




Semua hanyut...begitu saja.....











0 komentar:

Blogger templates


Pages

Powered by Blogger.

Blogroll