Friday, July 9, 2010

MASA SEKOLAH : LDKS


Pasti lah kita sering mendengar kata LDKS.
Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa. 

Tapi buat gue ini Latihan Dasar Kekonyolan Siswa.
he.he.he. dan gw suka kalimat buatan gw itu --_--


Anak baru masuk sekolah identik dengan MOS dan LDKS.
LDKS = ajang perkenalan juga buat senior-junior.
guru dan siswa baru. atau sesama siswa.
tapi buat gw, ini ajang badut se-nusantara.



#PREPARING FOR CAMPING
 
Tibalah saatnya kita harus ke Buperta* Cibubur selama 1 hari.
Cibubur akan menjadi saksi bisu penindasan kita. Its Okay !
*Bumi Perkemahan Jakarta

J
adi gini :
pemilihan calon2 osis untuk kelas 1, dipilih waktu MOS . 
Gue ??
wo.. O.. Oww..
pemilihan ketua kelas aja gw sewot. Osis laagi !!
TIDAK. sangat tidak tertarik.


yang berperan menggojlok kita adalah kelas 3.
dimana calon OSIS inti & anggota-nya adalah kelas 1 & kelas 2.

*OSIS inti = Ketua, Wakil, Sekertaris, Bendahara*
dan lainnya adl. seksi2 bidang- .

jabatan OSIS inti diperuntukkan kls. 2.
kelas 1 mungkin hanya jadi wakil 1, sekertaris 1, bendahara 1. dan seksi bidang lain.
Oh Tuhan . . . >_< ribetnya..

Menurut peraturan,
gak ada alesan buat anak kelas 1, gak ikut LDKS.
katanya, gak ikut LDKS = CUPU !! PENAKUT !!  *WOW GUE BAAANGET !! 


karena gw tipe anak yg suka mematuhi peraturan (hoek),
jadi,  gw jalani aturan main itu.
batin gw, "waelah.. LDKS doank.. paling ngapain sih ?"
faktanya,  gw rada takut, sama jenis penyiksaan disana nanti :( 
pikiran gw mulai aneh-aneh.
intinya : gw cupu beneran >_<


Temen gw yg jadi calon OSIS adalah : Kasih & Nora.
yes. si rambut panjang & si gadis minang.

Sebelumnya, untuk siswa kelas 1 dapet kertas selebaran. 
yang isinya adl. saat LDKS nanti kita ada di Kelompok mana ? 

Gue ?
gw dapet di RT.001 . 

WADEHEL !!!?
gw bener2 TERPISAH sama temen2 gw.
*malangnya nasib.

Waktu briefing,
ketemu dong, sama kelompok gw .
ada 22 orang (20 org kelas-1 & 2 org kls-2)

22 orang ini jadi 1 tim. tapi dibagi 2 kelompok.
tiap kelompok jadi 11 orang.
Punya ketua Rt dan ketua Rw.
Ketua Rw. gw, Kak Melly,
yg tak lain adl. senior gw yg ngincer jabatan OSIS inti .

Tanya 1 :
trus ketua Rt nya siapa, oom ??

Jawab :
itulah gunanya briefing.
selain membicarakan perlengkapan perang,
juga membicarakan hal konyol satu ini.
semua yang kelas 1, gak ada yang mau jadi Ketua Rt. ketakutan.
meskipun dibilang cuma numpang nama doang, tetep aja pada nggak ada yang mau.
main nunjuk-nunjukan. main salah-salahan.
wah, situasi mulai tidak kondusif.
setelah melalui perhelatan besar.
Akhirnya . . . . 
anak yang mendapat kesialan besar kesempatan emas ini adalah . . . . .


 


Gue.

Maka terpilihlah gw menjadi Ketua Rt.
Ketua Rt.001 dari RW.001 (pula)
Anisa = Ketua Rt.001. 
kalo dirumah, bisa diketawain abis-abisan gw.




#ARRIVED AT BUPERTA

Waktu baru sampai di lokasi. . . 
~ katanya sih tempatnya baru pertama kali dibuka. 
alias sekolahan gw, sekolahan yang pertama kali make nih lokasi .
 
~ katanya sih, anker. (hah minuman ?? )
bukaaan.. horror maksudnya.

gw orangnya kurang sensitif untuk ngerasain hal-hal mistis gitu.
tapi pertama kali melihat lokasi ini,  emang sureem bgt :(
kok rada horror sih ?? :'(  
Tapiiiiii...
hal2 mistis begitu gak gw pikirin sama skali.
yang gw takutin justru : senior-senior. 
yg kalo menjerit atau teriak suaranya bisa sampe 9 oktaf.
itu lebih mistis.





Lokasinya luas. Luas banget deh.
seinget gw, ada skitar 20an Rw. 
20 tenda peserta yg membentuk U .
ada juga tenda OSIS, PMR, Pramuka & Pendopo. ada kamar mandi juga .
cukup luas kan, area itu ?

sampe ditenda masing2, biasa lah lagu lama. 
gali tanah buat parit, trus dikasih garam...
biar gak ada ular (katanya) .

Saat makan siang tiba, para calon osis ke pendopo.
anggota mah, di kemah aja.
gw melihat dari kejauhan... siksaan pertama buat mereka.

senior sok teriak2an gitu deeh pake TOA :  

" CEPPETAN MAKANANNYA DIABISIN ....!!!! LAAMAK BANGET SIH !! "
" KAMMOO !! KALO UDAH ABIS, BANTUIN MAKAN NASI TEMENNYA, CEPETAAANN!!"


anjiiiiiiiiiiiiiiiiiirrrr tuh suara masih terngiang di kuping gw sampe sekaraaaangg, asli !!

dan kalimat yg terlontar dari gw saat itu adalah :

" ckckckck... kasian yah, ketua Rw gue . . . "

 

gw pun berdoa dari kejauhan.
yah, walopun gw tau,  doa gw cuma ngefek dikit.
atau mungkin nggak sama sekali :-p



Saat menjelang magrib, saat gw mau kekamar mandi ngambil wudhu. 
gw ngeliat temen gw, Nora di tenda OSIS.
mukanya pucat banget.
dari magrib sampe malem-menjelang acara api unggun,
Nora udah nggak ikut acara. di pendopo ditemenin para guru. 
ternyata Nora sakit. padahal dia calon OSIS.
otomatis dia udah gugur sejak saat itu.

(menurut isu yg beredar, katanya nora kesurupan)
(karena nora sedang tidak sholat alias sedang haid)

 


kamar mandi tuh, cuma ada 2 doang.
mana udah mau adzan pula. yang ngantri banyak.
kata guru gue :

" Tuh, disana ada kamar mandi tuh lebar.. banyak.. airnya juga banyak.."

 


bagi yang pernah ke perkemahan cibubur pasti tau lah.
ada kamar mandi yg kecil & kamar mandi yg besar.
kamar mandi yang besar itu, 
kamar mandi yang 1 rumah, khusus. kamar mandi doang.
 
ada sekitar 20an kamar mandi (meskipun sempit2 cuma muat 1 org), tapi ada banyak. airnya pun cukup bersih.
Rame' lah gw dan temen-temen disana.

Tapi,
untuk kesana, kita harus keluar area kemah sekolah.
dan kamar mandi itu letaknya lumayan jauh.

tanya 2 :
trus apa dong yang kalian lakukaaan ?
 

jawab :
Lari. 

lari sekuatmu. 

tanya 3 :
biar apa ?
 

jawab :
biar cepet sampe-lah, gilak. mau magrib juga :'(


tau sendiri cibubur jalanannya naik turun.
berbukit. luas.
magrib, napas ngap-ngap-an gini.
tiada hari tanpa lari-larian.
5 kali sehari, kami harus berlari.
AAKU SEHAAAATT >_<


menurut susunan acara yg gw baca,
jam 10-11 ---> api unggun .
jam 11-12 ---> tidur.
jam 12-subuh ---> Jurit malam. 

tapiiiiiiiiiiiii...
api unggun-an sampe jam stengah 12 .
pikir gw : trus gw tidur berapa jam nih, kalo jam segini baru kelar acara?
Kecapean. tidur -lah kita.
asli , tidur ngga nyaman banget.
cuma beralaskan tikar tipis. No bantal, No guling.
bantalnya Tas. udah. itu doang. 
*huoohh...kerennyaa..gaya hidup gue saat itu.
zzzZzZzZZZZzzzzZZzz....



#JURIT MALAM
 
tiba2 ada yg bangunin kita. senior.
inilah saatnya jurit malam.
jurit malam adalah :
perkunjungan ke-5 pos inti oleh calon2 osis & anggota.

 


kampreettooooooooooosss.... 
ternyata RW gw adalah RW pertama yang dibangunin...!!
arrgghh sial... enak bgt ya RW terakhir. tidurnya masih lumayan lama tuh.
(sempet-sempetnya gw mikir beginian)

 

Oke, jadi kita diarahin sama senior.

" kamu nanti keluar area ini, trus belok kiri disitu ada pos bayangan 1 "
" iya kak "
" trus lurus dikit, itu POS 1 "
" iya kak "
" kalo belok kanan, itu pos 2 "
" iya kak "
" selanjutnya nanti kamu dijelasin sama kakak2 di pos 2 "
" iya kak "
" nah, setelah kamu keluar area ini , kamu teriak PETOK PETOK ya "
" iya kak "

 

eh, ada yg nanya :

" kak melly, kakak inget kan rute nya ? "
" wallahu alam, dek "

 

BAH !! PERCAKAPAN MACAM APA INI !!?? kenapa senior gw jadi pasrah gini ? 

gilak aja kalo sampe nyasar, gelap bangeett..
mana kelompok pertama :'(


" kak, kenapa harus petok petok sih? "
" itu sandi kita,dek "
" apa !!?? "
" kan yg disini bukan sekolah kita aja....ada sekolah lain juga "
" biar tau kalo itu murid sekolahan kita, sandinya PETOK-PETOK "

 



*cacat daaaaaahhhh . . . . . . .



 

pos bayangan 1 , isinya para alumni.
it's okay.

 

MENUJU POS 1
sampe sini, biasalah lagu lama.
diteriak2in di depan muka.
disuruh aneh2, wah kacau.
suasana tidak terkendali. (kok kaya tawuran malah ?? )
it's okay.

 

MENUJU POS 2  
sampe sini, gak jauh beda sama pos 1.
tapi, gw udah mulai2 rada mual. pengen muntah.
mata mulai kunang-kunang.
kayanya gw mulai mau berubah wujud. (lho ??)
it's okay. gw paksain. 

(disini gw mendengar suara kejauhan. suara mengembik massal)
(setelah nanya Kak Melly, ternyata itu suara RW yg lain)
(embeeekkk...embeeekk...masih keren RW gw dong,petok petok
.wakkaka)
 


MENUJU POS 3 
masalah mulai datang.

" kak, ini tadi trus kemana kak ?? "
" waduh, kakak juga bingung ini... "
" WAH, NYASARR!! "
, ada yg panik.
" GAKKKKK !! ", kak Ani nyolot(padahal panik juga)

jadi kita tuh lupa, belok kanan atau kiri.
karena kita nemuin perempatan *Oh,malangnya.
kalo belok kanan,  gak ada lampu sama sekali.
kalo lurus, ada kemah SD.
yang memungkinkan kayanya belok kiri, jadi kita kearah sini.
aaaaahh... untungnya benarr :D



udah mulai ketiwi2 tuh tiap anak. becanda.

" PEEETOOK... PETOOOK.... "
" iihh, mau aja sih lo teriak2an gitu.. gw mah ogah deh ! hihihi... "
" yeee.. hehehe petokk.. petok... hahahha "
" hahahaha... petok... petokkk jugaaa.... hahahah"

 

padahal pos 3 masih jauh, EH . . . . . . . Ada yg teriaaaaakkkk

" AYAM SIAPA DISITUUUUUUU.....!!!! "
" AYAM 46 (inisial skolah gw) . . . "

 



" hah..itu kakaknya ??? "
" iya, mang napa ? "
" masih jauh gini udah manggil aja mreka "

 


" CEPPPEETAANN DEK.... JALAN JONGKOK KESINIIII !!!" (9,75 oktaf)

 


siaaaaaaalll.. bener-bener siaaal.....
pos nya tuh masih jauuuuh.. udah disuruh jalan jongkok aja.
mana NANJAK pula !! 

Paha gueeee....  Betis gueee... 
saakkiiiiiiiiiiit... 


 

jadi khusus calon osis tuh kostumnya,  kalung jengkol, kalung pete (pete yg gede), make rompi kardus yg ditempelin aneka permen,
topi besek dan rok rumbai-rumbai dari tali rapia yg di sisir jadi helai2 tipis.
atribut yg gw inget saat itu sih, ya cuma itu aja .
tapi masih banyak yg lain lagi .

Nah, pas lagi jalan jongkok,  gw tepat dibelakang Kak Ani.
gak sengaja, keinjek-lah Rok Rumbai-nya itu.

" aduh dek... awas.. jangan keinjek ..."
" iya, maaf kak "

 


sampai di pos,
gak jauh beda sama pos 1 & 2.
dibentak-bentak dengan suara diatas 4 oktaf.

asal tau aja ya.. ketika di pos 3, 
Tim lain udah mulai jalan juga. 

ada yang udah di Pos 1, 2 atau Pos Bayangan.
dan suara senior yang lagi teriak2an di Pos sebelumnya itu kedengeraaaan dari Pos 3 gue.

bayangkan.  O_O!
 

Gilak. kuat banget sih teriak-teriakan.
mentang-mentang lagi di hutan.

" mereka kok pada kuat banget yaa, teriak-teriakan gitu?? Ah,besok coba aah, dikuping ade gw ", sedikit bergumam.





 

selesai itu,
kok gw ngerasa lebih mual lagi  yaa ?
eeeh....samina mina waka-waka ee..eeeee.. Gue muntah beneran.
(sangat menyayangkan hal ini karena gw gagal muntah didepan senior :DD)   
 


ditolong-lah gw sama PMR .
dikasih minyak kayu putih.
dipijetin. Dikasih obat.
akhirnya ??
gw gak boleh nerusin ke Pos selanjutnya.. T_T
 

padahal gw pengen banget ke pos 4.
kezutan apalagi yg ada disana.
mana gw Ketua RT pula. hah...!!

akhirnya gw dianter balik ke Tenda sekolah.
dibawa ke pendopo.
tidur bersama anak-anak lain, yang tepar juga.  >_<
mengenaskan.


zzzzZZzZzzZzzZZzZzzzzZzZzz.......





 

#BACK TO HOME
  
Akhirnya, pagi yg segar tiba.  
Baik tenda anggota maupun tenda OSIS semua nampak berantakan. kotor. 
Banyak sampah kertas & plastik yang berserakan dimana-mana. 
semalam hujan. 
rumput masih basah. 
pagi sekitar jam 7an, kita bersiap untuk senam. 
setelah ganti kaos olahraga, 
gw duduk termenung di tenda. sendirian.


yang gue lihat : 

senior suaranya pada serak-serak. keabisan suara abis teriak2an semalem. 
ada yang batuk-batuk. ada yang gak bisa ngomong. 





demi menyenangkan diri sendiri, gw teriak dalam hati :


" YEESSS.. GUA MENANGG !!  "









Hingga jam 9,  acara bebas.
yang mau berjajan2 ria, silakan.
yang mau mandi, silakan.

gw baru inget. gw gak mandi seharian.
sama sekali GAK KEPIKIRAN untuk mandi.
I dont have any time to take a bath.  

sibuk grasak grusuk nyiapin keperluan. 

mau wudhu aja gw lari-larian.
mau mandi lagi ? 
mo ketinggalan acara, gw ???

wah, bisa jadi perkedel nanti. dicariin senior :DD


 

yg gw heran,
kenapa disini ada tukang Es Doger ?
ini kan Bumi perkemahan. kok kaya dirumah sih ?
yaudah, 
gw samperin aja temen2 gw yg lagi beli es doger itu.
ketawa - ketiwi. 

wah.. bahagianya gw hari ini. 
Cuaca cerah. Udara segar. Ada tukang Es doger. 
*bener-bener heran
 



waktu balik ke area kemah, gw baru sadar.
gw melewati GAPURA. 

WOW.... ternyata ada Gapura-nya..Keren !! 
ada tulisannya. gue baca. 



tertulis :  " SELAMAT DATANG DI DESA BAHAGIA 46 "


KAMPREETT ...!!!
PANTES KOSTUM KITA SEMUA KAYA ORANG-ORANGAN SAWAH !! 

JADI INI TEMA-NYA !!??

 

 


disela-sela istirahat, gw bengong2 sendirian.
dan bergumam,

"gue harap, gue gak bakal kesini lagi / ketempat seperti ini lagi.CUKUP !"



 

 
Sekitar jam 12, 
kita disuruh beres-beres.
Kita akan pulang.
SENANG dan RIANG GEMBIRA  gw denger kalimat ini.

jelas lah !!
1 hari di perkemahan = 1 tahun dipenjara bawah tanah.
muka langsung SEGAR seketika,  mendengar kalimat 'PULANG' .


 


beda banget waktu perjalanan berangkat ke Buperta.
semuanya nurut. diem. ketakutan. HAHAHAHAHA.
 


dalam perjalanan pulang, saangat berbeda. 
mulai gaduh
saling ketawa, saling becanda.
didalem bis pada cengengesan. dorong sana sini. tidak kondusif lah.
baru selesai LDKS aja, udah pada mulai berani ngelunjak sama senior. hahaha..
teepuk taangaan doonngg....... :p


 

Tas yg gw pake saat ldks adalah Kisoyoki. Model tas backpacker.
itu tas gw sejak kls 6 SD.
Yes. sejak SD aja gw udah seneng pake tas yg gede-gede. 
tapi SMP , mulai jarang di pake.

LDKS kan bawaannya banyak + aneh-aneh.
jadi gw pake aja nih, tas. muat banyaaak.
alhasil, pulang-pulang tas gw robek sana sini. T_T
*tas penuh kenangan.
 




Banyak pelajaran yang gw ambil setelah LDKS.
Kebersamaan. Kesabaran. Keikhlasan. 

dan pastinya, Kedisiplinan.
 

semuanya gw coba terapkan di rumah dan disekolah.
dan masih banyak hal lain yang gw coba terapkan.
salah satunya . . . . . .






Berteriak 9 oktaf gaya senior saat jurit malam.
Di dalam rumah.

2 komentar:

Anonymous at: July 10, 2010 at 8:58 AM said...

Hehehehe... Keren dokz ceritamu. Especially 9 oktaf nya ^^ hahaha nenek lampir aja kalah ono mah.

Anonymous at: November 25, 2010 at 6:50 PM said...

cerita dari peserta LDKS emang seru habizzzz, pasti sampai kapanpun gk akan terlupakan,

Blogger templates


Pages

Powered by Blogger.

Blogroll